Senin, 12 November 2012

Kenalkan Olahraga Ekstrem Kepada Anak

Kenalilah olahraga Favorit anak anda, Selain olahraga rutin di sekolah atau di rumah, waktu libur bersama seharunya juga bisa dimanfaatkan untuk memastikan olahraga apa yang paling digemari anak. Cobalah rencanakan liburan ke daerah atau tempat wisata yang sejuk dengan suasana dan lokasi yang memungkinkan melakukan olahraga bersama. Biarkan anak melakukan olahraga yang digemarinya.

Sebenarnya susah-susah gampang membuat anak memiliki olahraga favorit baginya. Karena anak-anak masih cenderung mengikuti olahraga apa yang paling banyak dimainkan oleh teman-temannya.
Ada beberapa hal yang patut Anda curigai ketika anak menunjukkan gejala tidak menyukai olahraga yang diberikan kepadanya, diantaranya adalah anak jadi tidak bersemangat, malas-malasan, bahkan tidak mau disuruh sama sekali, atau anak jadi malas berangkat ke sekolah.

Mengenalkan kegiatan ekstrem pada anak

Bagi orang tua yang bosan mengajak anaknya berolahraga namun tidak pernah sukses menjadikan anak gemar berolahraga, ada berbagai macam solusi yang perlu dicoba agar anak kecanduan berolahraga. Salah satu cara itu adalah dengan memeperkenalkan anak-anak pada olahraga ekstrem yang sesuai dengan usia mereka.
Memperkenalkan olahraga ekstrem pada anak, misalnya surfing di laut, skateboard, atau panjat tebing, ternyata memiliki sisi positif yang dapat dimanfaatkan orang tua bagi perkembangan anak-anaknya. Sisi positif itu antara lain, anak merasa tertantang untuk melakukan suatu kegiatan dan berusaha untuk menyelesaikannya. Anak menjadi lebih sportif bahkan menjadi lebih percaya pada kemampuan dirinya sendiri.
Olahraga unik dan ekstrem lainnya yang juga digemari oleh anak-anak adalah olahraga berkuda. Olahraga ini ideal untuk dinikamti bersama dengan seluruh keluarga. Bahkan, balita pun sudah dapat menikmati nerkuda walau kudanya masih dituntun. Mulai usia 5-6 tahun anak-anak sudah dapat belajar menunggang kuda sendiri.
Walaupun memiliki sisi positif, olahraga ekstrem tetap saja berbahaya bagi anak-anak. Pengawasan ekstra ketika anak-anak sedang melakukan olahraga ekstrem tersebut sangat dibutuhkan. Karena keselamatan anak-anak tentu saja menjadi hal penting bagi seluruh keluarga.
Tip memilihkan olahraga untuk anak
  • Sesuaikan usia
    Jangan pernah memberikan olahraga yang terlalu memforsir tenaga anak-anak dalam berolahraga. Izinkan mereka untuk istirahat kalau memang menginginkan istirahat
  • Tetap awasi
    Setiap orangtua tentu tidak ingin anaknya mendapatkan kecelakan, akan lebih baik ketika melakukan olahraga apapun, anak-anak tetap diawasi walaupun olahraga yang dilakukan adalah olahraga favorit
  • Hindari dehidrasi
  • Karena banyak mengeluarkan keringat, akan lebih baik setiap melakukan olehraga jenis apa pun anak dibekali dengan sebotol minum. Sehingga kapan saja merasa haus anak bisa langsung minum.
  • Peralatan P3K
    Walaupun olahraga yang dilakukan adalah olahraga ringan sekalipun, ada baiknya orangtua tetap menyiapkan kotak P3K, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakan, walaupun itu luka kecil sekalipun
  • Perhatikan kondisi
    Jangan pernah memaksakan sebuah olahraga tertentu kepada anak. Jika anak sudah mulai bosan, lebih baik biarkan mereka beristirahat. Berikan kebebasan pada anak untuk memilih olahraga kesukaannya sendiri.
Sumber: Koran Sindo


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar